28 Feb

Awas, Buang Sampah Sembarangan Bisa di Tangkap Satpol PP!

Tidak bisa dipungkiri lagi, kini sampah sudah merasuk dalam kehidupan manusia sehari-hari. Rasa-rasanya hampir mustahil kita tidak mengeluarkan sampah dalam satu hari. Apapun itu pasti ada yang kita buang, entah itu botol air mineral, kulit pisang, kertas atau yang lainnya.

PT. Pos Indonesia sebagai BUMN pertama yang memiliki gerakan untuk lebih peduli dengan lingkungan baru saja menggagas Focus Group Discussion (FGD) untuk menggali ide bagaimana mengurangi sampah. Bertajuk “Sampah, Musuh yang Dilupakan”, FGD ini dihadiri oleh media, praktisi lingkungan hidup, dan komunitas.

Dalam FGD sesi paparan roadmap perjalanan sampah di kota Bandung, Perusahan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Satpol PP. Kerja sama ini akan digalakkan mulai bulan Maret 2017. Jadi, barang siapa yang ketahuan membuang sampah akan ditindak dan dilaporkan.

Aksi ini harapannya akan membuat mereka yang tadinya buang sampah tidak pada tempatnya akan merasa jera. Selain selain ditangkap, pelaku pembuang sampah itu juga akan dikenai denda jutaan rupiah.

Mendengar penjelasan tersebut, Direktur Utama PT. Pos Indonesia, Bapak Gilarsi langsung menyepakati. Salah satu cara yang mungkin paling efektif untuk menekan jumlah sampah yang berserakan di kota adalah dengan tindakan represif seperti yang tadi diungkapkan PD Kebersihan Kota Bandung.

Bahasan tersebut juga akan segera ditindak lanjuti oleh Pos Indonesia. PD Kebersihan akan berkolaborasi dengan Pos Indonesia untuk mengurangi volume sampah. Semoga kolaborasi ini bisa menjadi salah satu inovasi Pos Indonesia untuk menyambut Indonesia bebas sampah 2020.