27 Apr

Ayo Hijaukan Lingkungan Kerja!


Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa tahun belakangan ini masyarakat sedang gencar menggalakkan pola hidup bebas sampah, atau yang lebih dikenal dengan nama zero waste. Meskipun tidak benar-benar menghilangkan sampah hingga titik nol, tetapi gaya hidup ini dikenal berhasil membuat lingkungan lebih sehat dan layak.

Sayangnya, kebiasaan ini hanya berjalan sebagai “pelengkap”, mengingat sebagian besar masyarakat – khususnya kaum urban, lebih banyak menghabiskan waktunya di kantor ketimbang di rumah.

Nah, agar lingkungan dan masyarakat sehat dapat terbentuk lebih cepat, bukankah lebih baik kita pun “menghijaukan” tempat kerja kita? Berikut beberapa tips bagaimana perusahaan menciptakan suasana ramah lingkungan di tempat kerja, yang mungkin dapat kita ikuti:

  1. Ciptakan suasana yang memotivasi para pekerja untuk ikut mengurangi sampah di lingkungan kerja. Contohnya, mendesain poster yang terbuat dari kertas daur ulang untuk ditempel di area kantor, yang berisi pesan untuk mendaur ulang barang atau menjaga kebersihan.
  2. Perkantoran biasanya menghasilkan sampah yang cukup banyak, sebut saja kertas, botol, bahkan tempat tinta printer bekas. Siasati dengan menaruh tempat sampah di area yang banyak menghasilkan sampah tersebut seperti dapur, toilet, dan ruang kerja pribadi. Nantinya barang-barang tadi bisa didaur ulang untuk menghindari sampah berlebihan.
  3. Sebuah monitor ternyata menghabiskan dua pertiga daya komputer, jadi janganlah membiarkan monitor menyala lebih dari yang dibutuhkan. Jika meninggalkan ruangan dalam waktu lama untuk rapat atau istirahat, lebih baik matikan saja. Pilihan alternatif? gunakan laptop karena lebih hemat energi.
  4. Sebisa mungkin, hindari mem-print dokumen yang tidak terlalu penting. Lebih baik gunakan fitur e-mail untuk mengirim data pekerjaan. Jangan lupa cantumkan pesan “cetak jika diperlukan” di setiap bagian bawah e-mail.
  5. Sama dengan penggunaan kertas dan monitor, batasi juga penggunaan lampu secara berlebihan. Hal paling sederhana adalah mematikan lampu segera sebelum Anda pulang. Selain itu, membuat pencahayaan alami seperti jendela besar atau kaca di bagian atap juga bisa menjadi pilihan.
  6. Sebuah pot berisi tanaman di meja kerja dapat membuat area kerja lebih indah, dan tentu saja lebih segar. Ajaklah teman-teman untuk melakukan hal yang sama. Lebih banyak tanaman di kantor akan membersihkan udara karena menyerap polusi ruangan dan menambah jumlah oksigen yang ada.

Sebagai “rumah kedua” masyarakat, lingkungan kerja memang tempat ideal untuk memberikan kontribusi besar dalam menghijaukan bumi. Keenam tips di atas memang sederhana, tetapi jika dibiasakan tentu akan berefek besar pada kehidupan kita. Jadi, ayo ciptakan lingkungan kerja yang asri dan sehat dari sekarang!