21 Mar

Bijak dan Mudah Menghemat Air

Besok kita akan memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya. Hal ini wajar, karena air adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia. Dari urusan sederhana seperti memasak dan mencuci, sampai aktivitas rumit seperti transportasi.

Meskipun sekitar sepertiga bagian dari bumi ini mengandung air, tetapi tahukah anda bahwa jumlah air yang bisa dikonsumsi makhluk hidup hanya kurang dari 1 persen? ditambah dengan meningkatnya jumlah penduduk dan industri dunia, tak heran jika krisis air menempati posisi teratas sebagai tantangan global untuk satu dekade ke depan.

Di Indonesia, manajemen pemakaian air yang kurang baik juga menjadi faktor penyebab semakin menipisnya jumlah sumber daya alam terbatas ini. Tentunya kita sebagai generasi sadar lingkungan ingin air tetap mengalir lancar dan membantu kegiatan sehari-hari. Salah satu cara yang bisa diterapkan oleh semua orang adalah hemat air. Dikutip dari situs National Geographic Indonesia, berikut adalah 5 cara mudah dan bijak menghemat air di rumah:

  1. Gunakan pancuran untuk mandi. Ternyata, mandi dengan gayung bisa menghabiskan kurang lebih 15 liter air. Mandi dengan pancuran terbukti lebih baik karena bisa menghemat lebih 60 persen dari jumlah biasa.
  2. Siramlah tanaman di pagi hari, karena menyiram tanaman di siang hari akan membuat air menguap sebelum diserap. Selain itu, menanam tanaman di musim hujan sangat disarankan di awal pertumbuhannya tanaman memerlukan lebih banyak air.
  3. Matikan keran saat cuci tangan dan sikat gigi. Sekali lagi, batasi pemakaian air dengan gelas atau gayung, karena hal ini dapat menghemat sekitar 11 liter air per hari.
  4. Bijaksana dalam mencuci pakaian. Cucilah pakaian saat tumpukan baju sudah cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin cuci. Lebih baik jika menggunakan mesin cuci hemat air, yang bisa menghemat 11.000 sampai 34.000 liter air per tahun.
  5. Kurangi siraman pada kloset. Tak perlu berlebihan dalam penggunaan siraman pada toilet duduk. Atau bisa juga dengan menggunakan kloset pilihan ganda yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Demi mendukung kenyamanan dan kelancaran penduduk Indonesia dalam pemakaian air, PT Pos Indonesia (Persero) menyediakan layanan PosPay, yaitu pembayaran yang bergerak di bidang tagihan rumah tangga.

Menggunakan sistem SOPP (System Online Payment Point) dengan agen di seluruh Indonesia, aplikasi ini tentunya mempermudah pembayaran berbagai tagihan, termasuk tagihan public service seperti PDAM. Dengan adanya layanan ini diharapkan seluruh warga Indonesia dapat membayar tagihan air lebih mudah, demi keperluan rumah tangga yang lancar. Jika sudah membayar, jangan lupa hemat air ya!