19 Mar

Cerdas Memilih Barang Elektronik Agar Hemat Listrik

Dewasa ini, masyarakat semakin akrab dengan teknologi. Setiap hari, segala bentuk kegiatan hampir pasti berhubungan dengan barang-barang elektronik. Entah ketika bekerja, mengerjakan tugas, mengisi waktu luang dengan menonton TV atau bahkan sekarang memasak juga ada yang memakai tenaga listrik.

Tanpa sadar, efeknya terasa setelah diakumulasi pada akhir bulan. Tagihan listrik membengkak saking seringnya menyalakan listrik. Walaupun begitu, sebenarnya kamu masih bisa menghemat daya dengan menggunakan barang-barang elektronik yang hemat listrik.

Lalu, barang eletronik seperti apa yang mampu menurunkan tagihan listrikmu? Yuk, simak sama-sama lebih cerdas memilih barang-barang elektronik agar hemat listrik dengan 4 tips berikut ini:

  1. Ganti lampu dengan lampu LED
    Lampu jenis LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama. Artinya dengan daya listrik yang rendah, lampu LED mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain dengan daya listrik lebih besar. Misalnya untuk kamar mandi atau kamar tidur kecil, lampu LED daya 3 watt sudah mencukupi kebutuhan penerangannya. Untuk ruangan lebih besar, kalian bisa memakai lampu LED berdaya lebih besar seperti 4 watt, 5 watt, dan seterusnya.
  2. Gunakan juga televisi LED dengan fitur hemat energi
    Sama halnya seperti lampu LED, sebaiknya gunakan televise LED, mengganti televisi tabung atau LCD. Lebih baik lagi TV LED yang memiliki fitur hemat energi atau Eco. Perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan TV LED sangat jauh. Jika TV tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja. Bahkan jika fitur hemat listrik atau Eco diaktifkan, daya listrik akan lebih hemat hingga separuhnya menjadi 20-25 watt saja. Beberapa merek bahkan memiliki fitur hemat listrik dalam beberapa tingkatan.
  3. Pilih AC hemat listrik dengan daya sesuai kebutuhan
    Di kota-kota besar yang bersuhu udara panas, hampir setiap rumah menggunakan mesin pendingin udara atau AC. Nah, pastikan sumber daya AC yang digunakan sesuai volume ruangan. AC dengan daya ½ hingga ¾ PK akan menghasilkan kesejukan sekitar 5.000-7.000 BTU/h yang sesuai untuk ruangan kamar tidur. Sementara AC berdaya 1-1,5 PK akan menghasilkan daya 9.000-12.000 BTU/h yang cocok untuk ruang tamu yang lebih luas. Semakin besar dayanya semakin besar pula pemakaian listriknya.
  4. Gunakan setrika hemat listrik
    Kegiatan menyetrika baju juga lazim dilakukan hampir setiap hari. Jadi, sebaiknya gunakan setrika yang hemat listrik juga. Pilihlah setrika yang memiliki fitur kontrol suhu otomatis yang bisa menghemat listrik. Memang setrika klasik lebih tahan lama, namun konsumsi listriknya lebih boros karena tanpa fitur kontrol suhu otomatis. Pilihlah setrika dengan merek yang sudah ternama agar lebih awet sekaligus hemat listrik.

Terakhir, agar lebih praktis membayar tagihan listrik, kini Pos Indonesia juga menyediakan layanan POSPAY. Pelayanan pembayaran dengan POSPAY di Kantorpos begitu mudah, lebih dekat, lebih cepat, dan aman.

POSPAY telah menggunakan Sistem Online Payment Point (SOPP) yang telah menjangkau hingga 4.800 jaringan Kantorpos di seluruh Indonesia dan di 40.000 Agenpos yang akan terus dikembangkan menyesuaikan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.