10 Feb

Melanjutkan Semangat Pos Indonesia Bergerak 2016

Setelah sukses menggelar acara Pos Indonesia Bergerak di tahun 2016 lalu, PT Pos Indonesia (Persero) selaku penyelenggara utama akan mengadakan kembali acara yang sama di tahun ini. Kegiatan tersebut memang dilakukan guna menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Menilik kembali acara tahun lalu, aksi ini melibatkan seluruh kantor PT Pos Indonesia di Indonesia, baik pusat, regional dan UPT. Dilansir dari harian Pikiran Rakyat, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan. Selain itu, kegiatan ini adalah upaya Pos Indonesia sebagai yang terdepan dalam melakukan transformasi demi lingkungan kota yang lebih baik.

Masih dari sumber yang sama, hal ini diungkapkan oleh Dirut PT Pos Indonesia Gilarsi W. Setiono saat ditemui di Bandung 20 Februari 2016 lalu. Menurutnya, dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan seluruh karyawan Pos Indonesia dapat berpartisipasi secara aktif dalam menjaga kebersihan, memilah sampah, dan berbagi dengan para petugas kebersihan.

Pada Pos Bergerak 2016, Pos Indonesia memberikan empat tantangan yang bisa dipilih. Pertama adalah Aksi Bersih Tanda Peduli, yaitu mengadakan acara kerja bakti dan pilah sampah di Kantor Pos setempat. Kedua, Memilah dan Mendulang Arti yaitu mengumpulkan dan memilah sampah untuk dijual hingga mendapat pemasukan minimal 25 ribu rupiah. Selanjutnya, mengikuti aktivitas para petugas kebersihan di pagi hari dalam Berbagi Senyum dan Cerita Pagi. Terakhir adalah Silaturahmi Membuka Hati yaitu mengundang petugas kebersihan datang ke kantor untuk berbagi pengalaman mereka selama bekerja sebagai petugas kebersihan.

Gilarsi mengatakan, acara ini adalah inisiatif Pos Indonesia sebagai bentuk kegiatan sosial yang berdampak positif, tidak hanya untuk internal saja, tetapi dapat dirasakan juga oleh masyarakat luas. Sebagai dukungan untuk gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020, di acara puncak pada 21 Februari 2016 seluruh bagian dari Pos Indonesia turun ke jalanan untuk membersihkan lingkungan setempat. Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Pos Indonesia yang berpusat di Bandung juga menanam 2.500 tanaman ‘ki hujan emas’ di area Alun-alun Bandung. Untuk tahun ini, Pos Indonesia juga akan melakukan hal yang sama pada 26 Febaruari mendatang. Semoga keluarga besar Pos Indonesia dapat terus menjaga semangat kebersihan dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sumber: Pikiran Rakyat, 20 Februari 2016