17 Feb

Pahlawan Lingkungan untuk Indonesia

teman

Pekerjaan petugas kebersihan sering dianggap sebagai pekerjaan yang memalukan oleh beberapa orang. Padahal menjadi tukang sampah adalah pekerjaan mulia karena sangat memberikan manfaat untuk khalayak banyak. Bila tidak ada tukang sampah maka lingkungan akan menjadi kotor karena sampah yang berserakan. Kerja keras merekalah yang menyukseskan sebuah kota mendapatkan piala Adipura. Tapi bagaimana dengan kesejahteraan mereka?

Jumlah petugas lapangan yang sudah terdaftar di PD Kebersihan Kota Bandung sudah mencapai sekitar 1200 orang dengan mayoritas petugas penyapu jalan. Gaji yang mereka dapatkan sebesar kurang lebih Rp 1.3 juta, lebih kecil dari upah minimum kabupaten (UMK) Bandung. Di Manado, mulai tahun 2013, upah petugas kebersihan yang tadinya Rp. 1.700.000/bulan dipastikan akan naik menjadi Rp. 2.000.000/bulan disesuaikan dengan upah minimum provinsi (UMP). Di Kota Bekasi, walikota menginstruksikan Dinas Kebersihan setempat mengikutsertakan petugas kebersihan mereka dalam program asuransi kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesnas). Selain memberikan Jamkesnas Pemkot Bekasi juga akan menaikkan gaji dari Rp 1 juta menjadi Rp 1,5 juta per bulannya.

Sudah sepantasnya atas dedikasi mereka kita berterimakasih dan memberikan penghargaan kepada mereka. Keberadaan mereka kadang terlupakan oleh kita. Oleh karena itu, mari bergerak untuk menjaga lingkungan bersama di tanggal 21 Februari 2016, bersamaan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.