11 Apr

Produktif Bekerja Bebas Stress

Anda mungkin pernah mendengar tentang seseorang yang mengalami stress di tempat kerja. Bisa saja hal tersebut terjadi pada teman, keluarga atau diri sendiri. Alasannyapun beragam, mulai dari pekerjaan yang menumpuk, suasana kantor yang tidak menyenangkan, hingga tekanan dari atasan dan rekan kerja.

Ada beberapa tanda bila anda mulai mengalami stress di tempat kerja. Jika anda merasa gampang lelah, mengalami gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, sering sakit kepala dan merasa cemas atau depresi saat bekerja, besar kemungkinan anda mengalami stress.

Stress yang menumpuk tidak hanya mempengaruhi produktivitas dan kinerja kerja, tetapi juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke hingga jantung bisa timbul akibat penumpukan stress. Lalu, bagaimana mengatasi stress di tempat kerja?

Mengatasi stress yang paling mudah dapat dimulai dari diri sendiri dengan mengubah kebiasaan di rumah. Daripada terus memikirkan pekerjaan, cobalah untuk mengalihkan pikiran dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat yang rendah gula dan karbohidrat agar energi tetap terjaga. Jaga kualitas tidur anda dengan menjaga waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya serta menjauhi barang elektronik satu jam

Mengurangi stress di tempat kerja juga dapat dilakukan dengan mengatur kerja menjadi lebih efektif. Mulailah berangkat kerja 10-15 menit lebih awal agar lebih bersemangat serta atur waktu istirahat diantara jam kerja untuk mengobrol dengan rekan kerja agar lebih santai. Kurangi juga kebiasaan yang menambah stress, seperti perfeksionis, berpikir negatif dan mengerjakan pekerjaan yang bukan menjadi kewajiban.

Atasan juga memiliki peran penting untuk menciptakan tempat kerja yang bebas stress dengan bertindak sebagai contoh yang positif. Untuk setiap pencapaian dan kinerja kerja yang baik, atasan dapat memuji karyawan tersebut sebagai bentuk penghargaan. Beri juga kesempatan bagi karyawan untuk ikut serta dalam pengambil keputusan di perusahaan.
Dengan memperbaiki kebiasaan, baik di rumah maupun di kantor, tingkat stress dapat berkurang dan diri sendiri dapat menjadi lebih sehat. Selain itu, karyawan yang lebih produktif bekerja di kantor tentu akan membawa keuntungan bagi perusahaan.