19 Feb

Sampah Bernilai Tambah

Tangerang

Teman-teman di Sentral Layanan Pelanggan Korporat (SLPK) di KP Tangerang 15000 memilih untuk melakukan tantangan “Memilih dan Mendulang Arti” dengan cara yang berbeda. Mereka mengumpulkan bagian tepi dari resi yaitu kertas berperforasi yang terdapat punch hole/ lubang-lubang pengait pada printer. Ternyata sampah kertas ini sangat mengganggu ruang kerja dan bertebaran hingga sering kali membuat petugas tersandung sampah kertas ini.

Awalnya, teman-teman SLPK KP Tangerang 15000 sering diolok-olok seperti pemulung karena mengumpulkan sampah kertas. Bahkan kantong berisi kertas yang sudah dipilah sempat hilang dari tempat penyimpanan sementara. Namun perjuangan mereka tidak sia-sia. Hasil penjualan kertas punch hole tersebut bisa disisihkan untuk membeli minuman bagi teman-teman di SLPK hingga membeli baju batik yang seragam untuk dipakai di hari Jumat.

Kegiatan ini ternyata menyadarkan teman-teman SLPK KP Tangerang, bahwa suatu hal yang sebelumnya dianggap sampah dan hanya berakhir di tempat pembuangan sampah ternyata memiliki nilai tambah.