29 Apr

Selamat Hari Jadi, Rumah Tercintaku!

Minggu lalu, seluruh penduduk bumi merayakan Hari Bumi Internasional yang jatuh pada 22 April 2017. Perayaan yang lahir dari dari seorang pakar lingkungan hidup sekaligus senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, sejak tahun 1970 tersebut dicanangkan demi mengapresiasi satu-satunya planet yang dapat ditinggali manusia ini.

Setiap satu tahun bertambahnya usia kita, semakin tua pula bumi ini. Layaknya manusia yang sudah memasuki masa tua – bumi pun sudah mulai kehilangan keindahannya di sana sini: iklim tidak menentu, suhu semakin panas, dan polusi merajalela. Tak hanya itu, bencana alam seperti gempa, banjir, bahkan tsunami juga lumrah mengunjungi para penduduk planet biru ini.

Tetapi sadarkah kita, bahwa semua itu terjadi karena ulah manusia sendiri? Bukan rahasia lagi jika manusia masih lalai untuk urusan merawat lingkungan. Jika ditelusuri lagi, bumi ini tidak hanya menua, ia juga sakit. Seperti umumnya pasien, bumi kita ini perlu dirawat, tentu saja oleh kita sebagai penyebab terbesar penyakit tersebut.

Beberapa cara sederhana namun dilakukan berkala sebenarnya sangat membantu kesembuhan bumi. Misalnya, membiasakan diri mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah dengan metode 3R yang dapat ditanamkan pada anak-anak sejak dini.

Selain itu, segera memperbaiki keran bocor, menggunakan tumbler (botol minum) dibandingkan air minum kemasan dapat menjadi cara efektif mencegah penggunaan air dan sampah yang berlebihan. Lebih dalam lagi, menaiki transportasi umum, aktif dalam komunitas kebersihan, bahkan membangun tanaman bermain mungkin dapat menjadi solusi yang membangkitkan jiwa sosial Anda.

Bagaimana? Tidak sulit, bukan? Sebuah aksi dari satu orang secara rutin tentu akan berefek positif, bagaimana jika dilakukan oleh keluarga besar PT Pos Indonesia dengan 4800 cabang di seluruh Indonesia? Tentu akan berdampak besar untuk bumi kita tercinta. Belum terlambat untuk menyembuhkan rumah kita ini, ayo sehatkan Bumi demi masa depan yang lebih baik.

Sekali lagi, Selamat Hari Bumi 2017!