23 Apr

Ubah Kebiasaan di Kantor Agar Lebih Sehat

Dengan teknologi yang semakin maju, semakin banyak pekerjaan yang makin mudah dilakukan. Namun, kemudahan tersebut berdampak pada semakin sedikitnya aktivitas fisik yang kita lakukan. Banyak diantara kita yang waktunya habis dengan duduk di depan komputer dan hal tersebut telah menjadi kebiasaan. Tapi sadarkah anda jika kebiasaan yang tidak sehat bisa menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan?

Berbagai studi menunjukkan bahwa karyawan yang sehat memiliki tingkat kinerja kerja dan efisiensi yang tinggi. Selain itu, mereka juga lebih bahagia dan produktif di tempat kerja. Karenanya, banyak perusahaan yang mencoba membuat program kesehatan di kantor tapi tidak semuanya berhasil. Meski demikian, cara terbaik menjadi sehat adalah dimulai dari sendiri dengan memperbaiki kebiasaan sehari-hari.

Kebiasaan yang kita lakukan di kantor pun berpengaruh terhadap kesehatan. Ingin menjadi lebih sehat dan produktif di kantor? Yuk kita coba kebiasaan mudah yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan:

1. Menjaga postur duduk
Tidak semua kursi didesain secara baik, dan mungkin termasuk kursi anda di kantor. Postur duduk yang salah bisa menyebabkan nyeri di bagian punggung, leher dan pundak. Selalu ingat untuk duduk tegak lurus, menyangga siku di meja atau lengan kursi, dan posisikan ulang layar komputer jika leher sakit saat melihat ke layar.

2. Ambil istirahat pendek
Mengambil istirahat pendek yang sering dapat membantu menghilangkan kepenatan kerja. Melakukan hal tersebut dapat membantu kembali bekerja dengan lebih antusias. Anda bisa menyiapkan alarm untuk berhenti sejenak di interval tertentu, untuk kemudian mencari udara segar atau pergi ke ruang kerja teman untuk berkomunikasi sejenak.

3. Menjaga tubuh cukup terhidrasi dan otak cukup oksigen
Meski pekerjaan menumpuk, jangan sampai lupa untuk mengonsumsi air putih. Idealnya, orang dewasa mengonsumsi paling sedikit 2-3 liter air putih setiap hari. Untuk menambah manfaat, tarik napas yang dalam agar otak tidak kekurangan pasokan oksigen.

4. Lakukan peregangan badan
Duduk selama berjam-jam dapat membuat otot kaku. Otot di panggul, punggung bawah dan pinggul dapat menjadi lemah serta mengakibatkan nyeri. Cobalah satu jam sekali berdiri dan regangkan tubuh bagian bawah. Tahan tiap gerakan selama 10 detik untuk memastikan peredaran darah berlangsung baik.

Jika anda ingin memulai, jangan langsung melakukan semua aktivitas. Terlalu banyak hal yang dilakukan akan membuat anda repot dan menjadi tidak fokus dalam melakukan aktivitas tersebut. Pilihlah 1 kebiasaan yang menurut anda mudah dan bisa and lakukan secara rutin. Jadi, anda sudah siap untuk lebih sehat?